Cara Setting PPSSPP Gold 100% Tidak Lag dan Suara Jernih

Cara Setting PPSSPP Gold – PPSSPP Gold merupakan sebuah emulator PSP yang populer serta dapat berjalan di berbagai perangkat, baik ponsel maupun komputer. Namun, emulator ini perlu menggunakan beberapa settingan supaya dapat berjalan lancar. Jika tidak, maka kamu akan menghadapi masalah lag dan suara yang tidak jernih dan sangat mengganggu ketika sedang bermain.

Oleh karena itu, Kalempedia dalam artikel kali ini akan membahas tentang Cara Setting PPSSPP Gold agar pengalaman bermain kamu tidak terganggu karena lag atau suara yang tidak jernih. Ikuti setiap petunjuk yang ada di bawah ini untuk meningkatkan pengalaman bermain game PSP kamu.

Apa itu PPSSPP Gold?

Sebelum ke pembahasan, alangkah baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu PPSSPP Gold. PPSSPP Gold merupakan emulator PSP yang dirancang khusus untuk menjalankan game PSP di berbagai platform. Dengan memnafaatkan hardware modern, PPSSPP Gold memungkinkan kamu untuk dapat memainkan game PSP favorit kamu dengan kualitas yang baik serta kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan konsol lainnya.

Namun, untuk mencapai hasil yang baik kamu memerlukan settingan yang tepat. Agar tidak terjadi lag serta suara berisik yang dapat mengganggu pengalaman bermain.

Spesifikasi untuk PPSSPP Gold

Sebelum menggunakan PPSSPP Gold, pastikan pernagkat kamu memenuhi syarat yang diberikan oleh PPSSPP Gold. Berikut spesifikasi yang direkomendasikan untuk menggunakan emulator PPSSPP Gold agar dapat berjalan dengan lancar.

  • Sistem Operasi: Android 2.3 ke atas.
  • RAM: Setidaknya 3 GB (disarankan 4 GB atau lebih).
  • Prosesor: Mediatek Helio G35 atau Snapdragon 460 ke atas.
  • Penyimpanan: Ruang penyimpanan yang besar untuk menginstal game dan file PPSSPP Gold.

Cara Setting PPSSPP Gold

Silakan buka emulator PPSSPP Goldnya, lalu pilih menu Setting yang ada di sebelah kanan. Selanjutnya, ikuti settingan rekomendasi berikut.

Pengaturan Grafis tergantung pada chipset yang digunakan pada smartphone kamu. Jika kamu menggunakan chipset Mediatek, Unisoc, dan Exynos pakailah Vulkan. Sedangkan untuk Snapdragon gunakan OpenGL. Untuk lebih jelasnya simak tabel berikut:

Parameter Set
Backend Vulkan
Rendering resolution 2x PSP
Display resolution (HW scaler) Native device resolution
Skip buffer effects
Lazy texture caching (speedup)
Spline/Bezier curve quality Low
Buffer graphics commands No buffer
Lower resolution for effects Balanced

Settingan ini sudah terbukti lancar digunakan di beberapa ponsel, seperti:

  • Realme C3 (RAM 3GB, Mediatek Helio G70).
  • Xiaomi Mi 5 (RAM 3GB, Snapdragon 820).
  • Vivo Y21 (RAM 4GB, Mediatek Helio P35).
  • Redmi Note 10 Pro (RAM 8GB, Snapdragon 732G).

Settingan Tambahan untuk Meningkatkan Performa PPSSPP Gold

Selain pengaturan grafis yang telah disebutkan di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan untuk meningkatkan performa PPSSPP Gold:

  • Hapus file yang tidak perlu pada perangkat, supaya memberikan lebih banyak ruang penyimpanan.
  • Tutup semua aplikasi latar belakang yang tidak diperlukan. Ini akan membebaskan sumber daya perangkatmu dan meningkatkan performa emulator.
  • Jika kamu menggunakan perangkat Android, aktifkan mode High Performance atau Gaming Mode untuk mengoptimalkan performa perangkat saat bermain game.

Demikian artikel kali ini, Kalempedia telah menjelaskan Cara Setting PPSSPP Gold. Selain itu, Kalempedia juga memberikan tips tambahan untuk meningkatkan performa emulator. Semoga dengan mengikuti tutorial ini, kamu dapat menikmati permainan PSP tanpa lag dan dengan kualitas suara yang jernih. Selamat bermain!

Leave a Comment